Pernahkah anda memainkan game “hangaroo” atau “hangman”? nah,
disitu pemain harus menyelesaikan susunan kata atau kalimat yang tidak
lengkap hingga membentuk suatu kalimat tertentu sesuai dengan petunjuk
yang diberikan. Tutorial kali ini, bengkelflash akan mencoba menjelaskan
cara pembuatan game edukasi hangman.
1. Buat objek alfabet dari A sampai Z seperti gambar di bawah ini:
2. Ubah masing-masing objek menjadi simbol button dengan cara klik kanan pada objek kemudian pilih Convert to Symbol.
3. Beri nama “A” pada type pilih button.
4. Lakukan langkah 2 dan 3 pada objek alfabet yang lainnya.
5. Klik tombol abjad “A”, kemudian buka panel action. Masukan script di bawah ini:
7. Buat TextField dengan desain seperti berikut:
8. Setelah itu, klik frame 1, buka panel action kemudian ketikan script di bawah ini:
11. Buka panel action kemudian ketikan script berikut:
13. Buat sebuah tombol dengan label “Main Lagi”. Kemudian beri script seperti di bawah ini:
15. Selesai. Jalankan movie.
1. Buat objek alfabet dari A sampai Z seperti gambar di bawah ini:
2. Ubah masing-masing objek menjadi simbol button dengan cara klik kanan pada objek kemudian pilih Convert to Symbol.
3. Beri nama “A” pada type pilih button.
4. Lakukan langkah 2 dan 3 pada objek alfabet yang lainnya.
5. Klik tombol abjad “A”, kemudian buka panel action. Masukan script di bawah ini:
on(release) { cekChar("a"); }6. Lakukan langkah 2 pada tombol abjad lainnya dengan mengganti karakter yang ada pada fungsi cekChar(); misal pada tombol “B”. maka fungsi cekChar menjadi cekChar(“b”); dst.
7. Buat TextField dengan desain seperti berikut:
8. Setelah itu, klik frame 1, buka panel action kemudian ketikan script di bawah ini:
stop(); var phrase:String="bengkelflash"; //kata yang ditebak var tampil:Array=new Array(); numWrong=5; count=0; for(i=0;i<phrase.length;i++) { tampil.push("_"); count++; if(phrase.charCodeAt(i)==32) { count--; tampil[i]=" "; } } petunjuk.text="Hint: Situs pembelajaran ilmu flash dan game programming"; display.text=tampil; //fungsi mengecek karakter function cekChar(char:String) { kataTepat=false; for(i=0;i<phrase.length;i++) { if(tampil[i]!=char) { //cek apakah karakter yg di input ada pada variable phrase? if(phrase.charAt(i).toLowerCase()==char) { //jika iya, tampilkan tampil[i]=char; display.text=tampil; kataTepat=true; count--; } } } //jika kata yang di input salah, kurangi nilai numWrong if(!kataTepat) { numWrong--; } //jika semua kata terjawab, anda menang if(count==0) { nextFrame(); } //jika toleransi kesalahan 0, anda kalah if(numWrong==0) { gotoAndStop("kalah"); } }9. Buat blank keyframe(F7) pada frame 2. Buat teks dengan tulisan “Anda Menang!!!”.
11. Buka panel action kemudian ketikan script berikut:
stop();12. Buat Blank Keyframe pada frame 3. Buat teks dengan tulisan “Anda Kalah”.
13. Buat sebuah tombol dengan label “Main Lagi”. Kemudian beri script seperti di bawah ini:
on(release) { gotoAndStop(1); }14. Letakan tombol “Main Lagi”. Pada frame 2 dan 3.
15. Selesai. Jalankan movie.