Membuat Game Edukasi “Hangman”


Pernahkah anda memainkan game “hangaroo” atau “hangman”? nah, disitu pemain harus menyelesaikan susunan kata atau kalimat yang tidak lengkap hingga membentuk suatu kalimat tertentu sesuai dengan petunjuk yang diberikan. Tutorial kali ini, bengkelflash akan mencoba menjelaskan cara pembuatan game edukasi hangman.
1.  Buat objek alfabet dari A sampai Z seperti gambar di bawah ini:
Game edukasi hangman
2.  Ubah masing-masing objek menjadi simbol button dengan cara klik kanan pada objek kemudian pilih Convert to Symbol.
game edukasi hangman
3. Beri nama “A” pada type pilih button.
Game edukasi hangman
4. Lakukan langkah 2 dan 3 pada objek alfabet yang lainnya.
5. Klik tombol abjad “A”, kemudian buka panel action. Masukan script di bawah ini:
on(release)
{
cekChar("a");

}
6. Lakukan langkah 2 pada tombol abjad lainnya dengan mengganti karakter yang ada pada fungsi cekChar(); misal pada tombol “B”. maka fungsi cekChar menjadi cekChar(“b”); dst.
7. Buat TextField dengan desain seperti berikut:

8. Setelah itu, klik frame 1, buka panel action kemudian ketikan script di bawah ini:
stop();
var phrase:String="bengkelflash"; //kata yang ditebak
var tampil:Array=new Array();
numWrong=5;
count=0;

for(i=0;i<phrase.length;i++)
{
tampil.push("_");
count++;
if(phrase.charCodeAt(i)==32)
{
count--;
tampil[i]="   ";
}
}
petunjuk.text="Hint: Situs pembelajaran ilmu flash dan game programming";
display.text=tampil;
//fungsi mengecek karakter
function cekChar(char:String)
{
kataTepat=false;
for(i=0;i<phrase.length;i++)
{
if(tampil[i]!=char)
{
//cek apakah karakter yg di input ada pada variable phrase?
if(phrase.charAt(i).toLowerCase()==char)
{
//jika iya, tampilkan
tampil[i]=char;
display.text=tampil;
kataTepat=true;
count--;
}
}
}
//jika kata yang di input salah, kurangi nilai numWrong
if(!kataTepat)
{
numWrong--;
}
//jika semua kata terjawab, anda menang
if(count==0)
{
nextFrame();
}
//jika toleransi kesalahan 0, anda kalah
if(numWrong==0)
{
gotoAndStop("kalah");
}
}

9. Buat blank keyframe(F7) pada frame 2. Buat teks dengan tulisan “Anda Menang!!!”.
11. Buka panel action kemudian ketikan script berikut:
stop();
12. Buat Blank Keyframe pada frame 3. Buat teks dengan tulisan “Anda Kalah”.
13. Buat sebuah tombol dengan label “Main Lagi”. Kemudian beri script seperti di bawah ini:
on(release)
{
   gotoAndStop(1);
}
14. Letakan tombol “Main Lagi”. Pada frame 2 dan 3.
15. Selesai. Jalankan movie.

Download Source Code

Share this article :
 
Support : Creating Website | endi Template | endi Template
Copyright © 2011. KutuBuku.COM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by endi Template
Proudly powered by endi